Home > News

Sistem Pengawasan Genom Global Untuk Mencegah Pandemi

Pengawasan genom secara real time dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit baru dan bakteri super dengan cepat serta mencegah epidemi di masa depan.
Para ahli menyerukan sistem pengawasan genom global. Gambar: Canva

DIAGNOSA -- Surveilans genom merupakan suatu cara untuk melacak patogen dengan melihat informasi yang terkandung dalam materi genetik yang terdapat pada suatu organisme atau virus.

Dengan mengurutkan materi genetik ini, para ilmuwan dapat melihat karakteristik uniknya dan menggunakan informasi tersebut untuk melacak penyebaran virus, perubahannya, dan mengembangkan pengobatan serta kebijakan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Profesor di Université libre de Bruxelles (Universitas Gratis Brussels) di Belgia dan mantan kepala ahli mikrobiologi di Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) Marc Struelens menjelaskan mengenai penggunaan teknologi pengurutan seluruh genom sebagai alat untuk pengawasan kesehatan masyarakat dan pemantauan penyakit, terutama penyakit yang memiliki potensi epidemi atau pandemik.

“Wabah lokal saat ini mungkin akan menjadi krisis pandemi berikutnya di dunia besok,”ungkapnya kepada Euronews Health pada tanggal, 25/4/2024.

Pengawasan genom menjadi alat yang banyak digunakan selama pandemi COVID-19 untuk membantu para ilmuwan memantau bagaimana virus berevolusi dengan varian baru. Strulens membandingkan virus ini dengan “target bergerak”.

Dalam laporan baru yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Science , para penulis, yang merupakan kumpulan ahli dari Masyarakat Eropa untuk Mikrobiologi Klinis dan Penyakit Menular, menyerukan akses universal terhadap pengawasan real-time sebagai alat yang berguna untuk mencegah pandemi berikutnya.

Para ahli berpendapat bahwa dengan saling terkaitnya kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, kolaborasi di seluruh bidang ini juga diperlukan untuk mengatasi tantangan kesehatan secara efektif.

Misalnya, karena beberapa penyakit menular dapat menyebar dari hewan ke manusia, pemantauan terhadap penyakit tersebut dapat mencegah wabah di masa depan. Para ahli memperkirakan bahwa 60 persen penyakit menular pada manusia bersifat zoonosis.

“Kita perlu menggunakan pengurutan seluruh genom untuk surveilans lintas sektor, karena banyak penyakit menular pada manusia disebabkan oleh patogen zoonosis, patogen eksotik, mikroorganisme, virus, bakteri, jamur yang tumbuh secara alami pada spesies selain manusia, tetapi dapat melompati spesies. kepada manusia,” kata Strulens.

Pendekatan One Health, yang dipromosikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan organisasi PBB lainnya , menekankan bahwa kesejahteraan semua makhluk hidup saling berhubungan.

“Bahkan dari sudut pandang spesies manusia yang egois, kita perlu mengetahui bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain, ekosistem, dan makhluk hidup karena mikroba menyebar ke seluruh dunia, spesies, dan ekosistem,” tambah Strulens.

Para peneliti mengatakan bahwa pengawasan genom secara real-time juga dapat membantu mereka mengatasi resistensi antimikroba (AMR).

Meskipun patogen selalu beradaptasi dan berubah seiring berjalannya waktu, kecepatan bakteri super yang tidak lagi merespons terhadap obat-obatan menjadi semakin memprihatinkan.

Diperkirakan AMR merupakan penyebab langsung dari 1,27 juta kematian global pada tahun 2019, menurut WHO, dengan penyalahgunaan antimikroba pada manusia, hewan, dan tumbuhan menjadi penyebab utama fenomena tersebut.

“Pengurutan seluruh genom dapat membantu mendeteksi munculnya berbagai mikroorganisme yang resistan terhadap obat yang bisa sangat sulit diobati bahkan sebelum mereka menyebabkan penyakit,” kata Strulens.

“Kita perlu memiliki cakupan yang lebih luas, mengambil sampel bakteri ini dan mengurutkan mekanisme resistensi potensial mereka agar benar-benar mendapatkan gambaran terkini dan waspada sebelum keadaan menjadi tidak terkendali,” tambahnya.

Dalam upaya memperkuat respons dan pengawasan penyakit, WHO juga baru-baru ini meluncurkan jaringan pan-Eropa untuk pengendalian penyakit (NDC) bekerja sama dengan Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

“Eropa dan dunia belum siap menghadapi COVID-19, meskipun para ilmuwan berulang kali memperingatkan bahwa pandemi global akan menyerang cepat atau lambat,” kata Direktur Regional WHO untuk Eropa, Dr Hans Kluge dalam sebuah pernyataan.

“Pandemi atau darurat kesehatan global yang akan datang bisa menjadi lebih buruk, jadi kita harus bersiap menghadapinya sekarang serta menekankan perlunya pendekatan global dan kolaboratif dengan standar yang sama,” ungkap Dr Hans Kluge.

Jaringan tersebut diharapkan lebih inklusif dibandingkan jaringan pengendalian penyakit sebelumnya, dengan menggabungkan negara-negara UE dan non-UE, kata organisasi tersebut.

Pada saat peluncuran, 17 negara dan 10 badan kesehatan masyarakat menjadi bagian dari jaringan ini.

Laporan Frontiers of Science menambahkan bahwa harmonisasi metode secara internasional dan koordinasi pembagian data yang tepat waktu secara global adalah kunci untuk mengatasi ancaman lintas batas dari penyakit menular dan AMR.

Sumber: euronews-com